googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Substitusi, Rahasia Motor Jadul Honda Tetap Eksis

Substitusi, Rahasia Motor Jadul Honda Tetap Eksis




Hai Brosis
Tak jarang di jalanan brosis pasti masih banyak menemui motor jadul, dari sekian banyaknya motor jadul tentu honda pasti yang mendominasi. Selidik punya selidik, dan setelah direnungi secara mendalam (lebay, hehehe), ternyata ada rahasia loh motor jadul honda tetap eksis sampai saat ini.

Substitusi atau alternatif sparepart lah yang digunakan oleh motor jadul honda untuk tetap bertahan sampai saat ini. Tentu saja hal pertama adalah kecerdikan honda yang sudah berinvestasi sejak awal yaitu dengan lebih konsen ke motor dengan engine 4 tak sejak pertama kali jualan di Indonesia.

Mulai dari c70, kemudian c700 (supercub), kemudian c800, begitu pula dengan sportnya yang juga setia dengan engine 4 tak. Hasilnya ? pun bisa dinikmati sampai saat ini.

Ambil contoh c70. Yang sampai saat ini tetap eksis, rahasianya ? ya karena c70 orisinil pun dapat mencaplok part engine motor yang lebih muda, blok sudah mentok oversize, tinggal pakai saja blok honda grand, bahkan blok supra/karisma pun dapat masuk, tentu saja dengan penyesuaian. Headnya bermasalah, pun juga bisa pakai honda grand.



Mau upgrade ke cdi ? juga bisa caplok cdi, spul, honda grand, mau persneleng maju mundur, tinggal pakai rasio honda win ?, sulit ? tentu tidak tercatat sparepart macam honda grand adalah salah satu yang paling banyak ada di toko sparepart.

Begitu juga dengan motor sport jadulnya, macam cb, gl cepek, kalau ada masalah atau sudah berumur dan musti ganti daleman mesin tinggal caplok saja part mesin motor yang lebih mudah macam gl max atau pro, pun demikian juga dengan megapro primus, bahkan cb/gl jeroan tiger pun sudah banyak yang mengaplikasikan, mudah kan.

Itu mesin, body pun demikian, dipasaran masih mudah untuk mencari baju set c70, maupun baju cb , mau model yang bagaimana sudah tersedia di pasaran. Loh memang masih jual hondanya ?, nggak brosis tentu baju2 motor jadul kebanyakan handmade dalam negeri, tentu orang2 masih buat wong mesinnya saja masih sehat. Tercatat hanya satu dua part saja yang nggak dijual barunya , seperti fork jadul macam punya c70,c700, c800, dan star, ya mungkin kebanyakan sudah upgrade ke shock depan yang lebih modern.

Hal tersebut, bertolak berlakang dengan pesaingnya, ya hanya jarang2 saja di temui motor jadulnya di jalan. Hal itu karena basic motor jadul kebanyakan selain honda menggunakan engine 2 tak, yang saat ini di Indonesia sudah hampir punah. Hal itu nyata dirasakan saat bjr cari piston os 100 punya v80 yang susahnya naudzubillah, padahal ukuran os masih dalam batas wajar 100.

Kebalikan 360 derajat saat mencari piston os 100 punya si bebek jadul yang baru bjr pinang yaitu supercub, hanya nyamperin satu toko langsung ready barangnya, pun demikian juga waktu beli kampas koplingnya, mau yang merk apa dan harga berapa, ada !.

Last, engine 4 tak di motor jadul honda setidaknya memberi nafas yang panjang sampai saat ini, bahkan 20 atau 40 tahun lagi pun kiranya masih tetap eksis nih motor jadul honda, tentu dengan catatan masih ada yang jual loh sparepartnya, hehehe

memodifikasi/restorasi motor tua/jadul honda terbilang mudah, tinggal seberapa kuat kemauan dan uang yang menentukan

Semoga Berguna



No comments:

Post a Comment