googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Pilih Ban Tinggi Atau Lebar

Pilih Ban Tinggi Atau Lebar

Halo Masbro


Ban merupakan piranti yang sangat vital bagi motor, tanpa ban tentu velg anda akan peyang menghajar jalanan, (yaiyalah, hehehe). Ban juga memiliki berbagai macam tipe, kalau istilahnya sih, seperti compoundnya mau yang hard (keras), medium (normal), atau soft tentu ketiganya memiliki plus minus masing-masing.

Bicara ban terkadang ban bawaan motor dirasa kurang memuaskan, alhasil biasanya pengguna motor melakukan upgrade ban, bisa yang ukurannya sama dengan rekomendasi pabrikan, maupun naik dengan artian lebarnya (biasanya), bahkan tak jarang pula yang malah turun tingkat ban (ban cacing biasanya).

Kalau bicara merk ban tentu dipasaran sudah bejibun, tinggal bikers mau yang merk apa terserah, akan tetapi biasanya bagi motor2 yang dibekali velg yang nggak lebar-lebar amat atau nanggung seperti old vixi, verza, nmp, old cb, old cbr thai biasanya saat ganti ban lebih memilih untuk menaikkan ukurannya.


Saat bjr ganti ban belakang verza yang bawaannya iR* inginnya sih digedein dikit dan saat itu mich*l*n pun jadi pilihan, upgrade satu tingkat jadi 110.

Tapi ada satu hal yang kelupaan atau kasarnya terabaikan, biasanya kita hanya berpacu dengan lebar ban dan mengesampingkan tingginya, dan ini pula saat bjr pasang plot stree bener tambah lebar satu tingkat, tapi tingginya turun turun 2 tingkat dari yang 90 jadi 70, alhsil motor jadi pendek.

Tapi enakan mana sih ban berprofil tinggi dengan ban berprofil lebar, cekidots plus minusnya,

peningpale, spin terus 
Ban Lebar, Tapi Ceper Nggak terlalu tinggi
Bjr merasakan ban lebar tapi pendek memang sebenarnya ajib saat dikendarai, motor rasanya lebih anteng saat di jalan, tapi dengan catatan aspalnya mulus. Buat belok pun rasanya sudah beda, nggak ada istilahnya “keder” saat belok, malah kebanyakan biasanya rider tambah OD (overdosis pede).

Tapi saat menemui jalan yang mix baru dah, bantingan terasa lebih keras, karena tinggi ban yang tidak terlalu tinggi mengurangi redaman dengan velg, alhasil jika velg nggak kuat rawan peang (apalagi saat hajar lubang). Belum lagi yang neraka itu saat jalanan pasir seperti di bromo wuiis dijamin dah bakal kerepotan.

Saat ke bromo tahun lalu setelah ganti ban yang lebih pendek, eh ternyata verza bjr tambah puyeng ndase saat digeber, lah gimana nggak ban spin, istilahnya ora enek grip e blas, padahal lihat verza yang berban standart malah melenggang nyaman di pasir bromo.


ban bawaan, tinggi aman, miring2 kurang sip
Ban tinggi tapi nggak terlalu lebar
Berbeda dengan ban ini, biasanya sih ban bawaan pabrik, seperti punya NMP atau verza, atau biasanya 80/90, 90/90 . 70/90. Kelebihanya tentu adalah lebih aman saat menghajar lubang, belum lagi saat ketemu jalan mix ataupun pasir (lautan pasir bromo) motor pun rasanya aman2 saja, nggak ada istilahnya keder saat melintasi medan jalan yang beginian. Trabas lah

Hal tersebut karena profil ban yang tinggi, dan dapat meredam benturan dengan velg secara lebih tinggi juga. Pun saat digunakan untuk mengangkut ban lebih berat riderpun tenang2 saja istilahnya. 

Pun demikian saat bjr ke lombok bulan lalu, yang ban belakang bjr pakai bawaan IRC NR25 Tubles 100/90, sukses memberikan ketenangan saat menghadapi medan mix maupun saat menghajar lubang, gundukan, jadinya bjr pun ora was-was blas saat itu.

Kelemahannya ?, yap ini nyata adanya terkadang juga rasanya ngebuang saat menikung karena ban model ini juga ora penak saat rebah secara berlebihan,  selain itu pun opsi pilihannya sedikit, saat bjr survei untuk ban ukuran 100-130, hanya segelintir yang mengkombinasikan dengan tinggi 90, tercatat hanya IRC NR 25 100/90, dan kalau nggak salah corsa S123 110/90 itu untuk entry level, di atasnya bjr (baru) nemu pirelli angel city yang ada varian bertinggi 90, itupun nyari di toko luar biasa sulitnya.

Last memang tinggi lebar ada plus minusnya, tinggal sesuaikan kebutuhan saja, tapi yang sangat disayangkan cari ban lebar 100-130 dengan tinggi 90 itu susahnya minta ampun loh sob.

Semoga bermanfaat.  


1 comment:

  1. Pengen pakai ban 'pacul' ala offroad tapi ngga enak kalau di jalan aspal. Harganya lumayan mahal pula.

    ReplyDelete