googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Memendekkan Honda Verza, Cara Berikut Bisa Dipilih

Memendekkan Honda Verza, Cara Berikut Bisa Dipilih

Halo Masbro,

agak miring, no jinjit, hehehe
Bulan puasa, alhamdulillah tambah rajin ngeblog, selain memang lagi banyak bahan juga karena banyak nganggurnya, hehehehe. Kali ini bjr bahas mengenai verza (lagi), maklum dah kalau berita motor2 baru blogger pinggiran seperti bjr mah ketinggalan, toh nggak lucu juga nyama-nyamain postingan dengan blog lain.
Bagi sebagian orang (bjr juga), verza termasuk tinggi, bahkan lebih tinggi dari tampilannya, maksudnya dilihat sih nggak tinggi, pas dinaikkin lah terasa dah kaki tak menapak sempurna. Tinggi dan berat bjr 166/78 (tampang beruang), saat pertama kali nyemplak verza, rasanya ya tinggi bener, tapi kaki salah satu masih menapak kok, alias sedikit jinjit.


Bagi postur yang di bawah bjr pun rasanya horor juga naik verza, meski nggak sebiadab p200ns, tapi kalo masbro tinggi badanya 165 keder juga toh, apalagi pas macet, berhenti di lampu merah. Ada beberapa solusi sih untuk memendekkan honda verza, sepenangkapan bjr sih ada sisi yang bisa diganti maupun di akali, langsung saja, mau mendekin verza, berikut cara-caranya.

pendekan loh, dengan ban 110/70, 
Ganti Ban, solusi jitu memendekkan verza yaitu dengan mengganti ban bawaan pabrik, perlu diketahui ban bawaan irc bawaan pabrik cukup tinggi, depan 80/100 belakang 100/90 bandingkan dengan ban2 motor sport modern lain yang biasanya tingginya berkisar 80 atau 70. Bjr pernah ganti ban belakang dengan michelin 110/70 efeknya, terasa lebih pendek masbro, dan kaki menapak sempurna, hal itu dikombinasikan ban depan yang juga turun jadi 90/80. 

Papas jok, lah kalau yang ini bjr belum pernah coba, tapi berkaca pada motor lain sepertinya memapas jok bisa digunakan sebagai solusi simple memendekkan honda verza, tapi bjr sedikit penasaran, wong jok bawaan verza sudah tuipiiis (keras) dari sananya.


Ganti shock belakang, salah satu jangkungnya verza yaitu dari shock belakang, coba masbro ganti dengan shock bawaan motor lain, seperti punya tiger revo baik yang biasa maupun yang tabung, dari review-review yang bertebaran sih lumayan nyaman saat ganti shock belakang tiger, enak toh tambah pendek plus tetap nyaman. atau bisa juga pakai punya mp primus yang secara profil juga lebih pendek.


disetel terempuk pun tetap keras,
Setel shock belakang, honda verza punya empat tingkat setelan dari yang empuk sampai yang keras, tapi saat bjr coba, tidak seberapa terasa memangkas tingginya verza, tentu disamping karakternya keras, faktanya shocknya memang tinggi beuud.

Tuurunin shock depan, lah ini juga bisa sebagai alternatif murah untuk memendekkan verza, bisa ? bisa kok tapi dengan catatan menambah raiser karena jika tidak rawan kepentok stir. Tapi yang perlu digaris bawahi dengan cara ini yaitu rebound depan akan bertambah keras, dan segitiga berkendara akan berubah total, nyaman ?, masih lebih nyaman standar sih.

Ganti ban+velg cacing, kalau yang ini sih sudah jelas bisa buat pendek verza, tapi saran sih janganlah, selain nggak safety toh rasa-rasanya verza ora cucok pakai ban velg cacing, toh sebagian besar pengguna verza bjr yakin bukan anak muda alay, hehehe.

Last, mana yang cocok ?, terserah masbro pilih yang mana, cara-cara di atas insyaallah masih nyaman untuk dikendarai (kecuali ban velg cacing), kalau rekomendasi bjr sih ya ganti ban dengan profil yang lebih rendah atau ganti shock belakang yang lebih pendek (bisa kombinasi keduanya) , selain tambah pendek, pun handling rasanya lebih baik, tapi pilih bannya dan shock jangan abal2 loh ya,

Semoga bermanfaat

4 comments:

  1. Om, mau tanya nih, kalau mau ganti As shock verza dengan yg lebih panjang, pakai merk apa ya ?? Apakah subtitusi punya viar vx1 yg berdiameter sama 31mmbisa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal diameter 31 mm bisa, tapi ada kabar diameter vx1 31,5 sekian mm (sedikit lebih besar daripada honda), kalaupun kebesaran dikit tinggal bubut. untuk as shock depan kalau nggak salah ukuran 31 mm honda, paling panjang milik GL series (pro, max)cmiiw

      Delete
  2. Sy pernah ganti ban juga rendahin sock depan. Tp jd tdk nyaman.

    ReplyDelete