googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Bunyi Mendengung di Honda Verza, Cek Bagian Ini

Bunyi Mendengung di Honda Verza, Cek Bagian Ini

rotor, kering biang bunyi mendengung
Hola Masbro
Pasca di gunakan touring ke Lombok bulan lalu, tiba2 saja verza mengeluarkan bunyi mendengung di bagian depan, awalnya sih bunyinya nggak keras, dan akan muncul saat kecepatan 40km/jam ke atas, dan akan semakin keras saat kecepatan bertambah.

Sempat berpikiran putus, tapi rasanya nggak mungkin, kebanyakan saat kabel speedometer mau putus jarum akan naik turun, tapi ini beda, naik turunnya lama banget brosis.

Langsung standar tengah motor putar roda depan ternyata normal, ah bjr gak sabar ambil kunci dah lepas roda depan. Setelah lepas, lah biang masalahnya disini ternyata.

Yup rotor magnet/ rumah magnet gear kabel speedometer yang ada di sisi kanan roda depan ternyata kering, dan sedikit ada noda warna kuning cerah, wah itu sih karat.


cukup olesi stempet/grease, eitts bukan pomade loh, hehehe
Solusinya mudah pertama bersihkan bagian dalam lap dengan kain sampai bersih dari noda. Kemudian cukup diberi grease atau stempet, ratakan sampai sisi dalam tapi jangan berlebihan. Tak lupa juga magnet yang berbentuk lingkaran sisi dalamnya juga diolesi grease tipis saja. Setelah selesai pasang kembali, dan tararaa, normal kembali.
Masalah ini sebenarnya simple, dan untuk membetulkannya nggak susah kok. Setelah di analisis timbulnya karat bisa disebabkan oleh air yang meresap ke dalam, belum lagi saat nerjang genangan air atau banjir bisa saja air dan kotoran masuk ke dalam rotor magnet speedo, setelah agak lama pastilah timbul karat. Kemudian part yang kering tak terlumasi akan bergesekan dan menimbulkan bunyi mendengung yang aneh.

 Jika dibiarkan sih sebenarnya nggak masalah akan tetapi magnet yang berputar rawan rusak (patah/cuil/ hancur) karena berputar tanpa ada grease.



4 comments:

  1. Punya sy jg dengung dan srek2 gitu gan, kmrn sdh dibawa ke ahas katanya setelan rantenya sdh habis, karena kebetulan rantai memang sdh habis ya sy percaya aja, eh td pas selesai ganti rantai ternyata masih bunyi jd rada kesel sama mekanik ahas..
    Setelah brosing dan baca punya BJR mudah2an ketemu dan terobati penyakit dengung di verza sy.
    Trmksh byk BJR sgt bermanfaat nih artikel..
    Tetep nulis trs ojo mandek men aq iso moco lan nyimak tentang si verza

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip , hehehe (kayak iklan tong fang gan comentnya)

      Delete
  2. Sama nih mslh nya di veve ane stelah jalan touring tangerang kena hujan deras dan banjir stelah disteam bunyi mungkin pelumasan atau grease nya sudah habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas karat gan apalagi musim hujan begini, hehehe minim setahun sekali di cek

      Delete