googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: AHM Oil Jelek, Serius ?

AHM Oil Jelek, Serius ?

Halo Brosis
magetan-jakarta-jogja-surabaya
Sesuai judul ini bukan gosip, beberapa sih iya pun jika brosis search di google, maka yang ditemukan adalah kebanyakan review oli ahm negatif, serius !?, cek saja.

Sebenarnya sah-sah saja, wong ane 80% percaya saja kok, masalahnya ohm oil itu bukan seperti kebanyakan oli !?, maksudnya ?, ya ahm oil itu lebih encer, jika viksionitas kebanyakan oli itu 10/15W- 40, maka ahm oil 30, jelas lebih encer !.

Dahulu waktu bjr minang rondo verza yang baru jalan 3 ribu km pun begitu, ora enak, alhasil pun sempat selingkuh ke enduro lalu sheel, memang sih lebih baik rasanya, tapi kok gak nyaman saja, tarikan agak  atas terasa berat, wah ini terlalu kental olinya.

Kemudian bjr putuskan tetap stay saja dengan ahm oli, yang mpx1 kemasan 1 liter seharga 41 ribu, sampai saat tulisan ini bjr tulis pun nggak ada masalah, ya entah memang sudah kebiasa atau memang sudah kebal keluhan, hehehe (insya allah nggak ada masalah).

sda-malang-sda-lombok-sda
Kuncinya ?
Rutin ganti oli, ya bjr rutin untuk mengganti oli maksimal 2500 km sudah ganti, inget itu maksimal, tapi kebanyakan 2 ribu km sudah ganti. Lah ini salah kaprahnya pabrikan memang menganjurkan sampai 4 ribu, tapi itu muaksimal, dan jangan ditiru, sesat !.

Boros banget tiap 2 ribu ganti !?, terserahlah , toh si verza tetap baik2 saja, servis pun jika ada kendala, atau nggak ya tiap 10 ribu km baru masuk servis rutin stel klep, kamrat, bersihkan tb dkk.

Dan saat bjr gunakan touring pun aman-aman saja, terbukti saat ke jakarta tahun lalu, dan yang terbaru saat ke lombok lalu, penasaran susutnya oli mpx setelah bjr gunakan ke lombok, cekidot !?

Yap susut hampir 300ml, normalkah ? , bagi bjr sih normal wong sebelum ke lombok, si verza bjr pake ke malang bulan kemarin plus hampir semingguan dipakai riwa riwi dalam kota, jadi total dengan ke lombok ya hampir 2500 km an lah.

Ah mungkin nyantai bawaannya !?, tidak masbro, tercatat 5 hari perjalan bjr geber ora nyantai, speed motor berkisar di 80km/jam sampai maksimal 110 km/jam ,motor full load, boncengan terlebih cuaca pantura saat touring lalu panas !, ditambah sempat kena hujan di bali, komplit dah !.

Last memang bjr nggak sangsi jika oli ini nggak recomended bagi sebagian biker, tapi dengan karakter yang encer memang cocok dengan motor honda yang baru2 karena clearence antar komponen dalam mesin lebih rapat.

Lain lagi jika motor agan saran dari pabrikan pakai oli 10/15 W-40 malah dicekokin ahm oil yang encer, ya ora enak rasanya masbro, jadi menurut bjr aman2 wae kok.

Semoga berguna.


Note : sekarang ada mpx 3 (20w- 40) yang lebih kental, insya allah berikutnya bjr review di motor honda tua yang sudah oversize mesinnya.

No comments:

Post a Comment