googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Orinya

Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Orinya


Sparepart merupakan komponen yang mendukung cara kerja motor. Terdapat ratusan atau bahkan ribuan sparepart yang ada pada motor. Tentu saja guna motor berjalan secara maksimal diperlukan perawatan dalam setiap intervalnya.

Begitu juga sparepart yang juga mempunyai batas umur pemakaian, entah itu karena sudah memang tak layak pakai atau dibatasi limit. Kerap kali sebagai pengguna motor kita melakukan pergantian sparepart pada saat di rasa motor tidak bekerja secara maksimal.
Akan tetapi, ada loh beberapa part atau komponen/ sparepart motor yang acap kali menggunakan merk selain orisinil. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti harga yang lebih murah, ketersediaan barang, dan kualitas yang lebih baik. Berikut beberapa sparepart tersebut.


sering bjr pakai
1. Kampas rem, piranti cieet ini mungkin paling banyak yang menggunakan part non orisinil bawaan pabrikan, begitu juga bjr yang juga jarang sekali beli kampas rem bawaan pabrikan. Alasan pertama tentu harga yang jauh lebih murah, seperti saat bjr yang pakai kampas rem depan verza merk federal tau nggak harganya ? yup separoh harganya lebih,lumayan kan, tentu ada konsekuensi seperti tidak sepakem orisinil, tapi soal ketahanan biasanya bisa di adu.

gear set beginian lebih meyakinkan tampilannya
2. Gear set, sampai saat ini bjr masih bingung apa yang membuat harga gear set motor orisinil pabrikan lebih mahal dibanding yang lain !?. selama mengendarai dan memelihara motor hampir tidak pernah bjr beli gear set bawaan pabrik (orisinil). Dan yang membuat bjr ilfil adalah kemasannya brosis, coba sekarang tengok kemasan gear set a*m bagi bjr istilahnya gak ndayani blas, mosok bungkuse trawang (transparan). 

Soal kekuatan pun masih kalah saing dengan merk aftermarket, gak usah bicara sinnob atau tdr maupun sss, wong sama merk indopart, orisin, npp saja keawetannya lebih unggul padahal harganya lebih murah, dan kemasannya lebi eye catching, ah itu mah gak ramah lingkungan kemasannya ? ah gak ramah lingkungan sama mau untung lebih itu sama saja !.

3. Piston, jika daleman mesin sudah minta jajan dan minta oversize, merk piston seperti npp, npr bisa menjadi alternatif bagi piston bawaan pabrik harga gak beda jauh sih, tapi terkadang ketersediaan part merk aftermarket lebih lengkap mau oversize berapa ada !, mau 0-100 atau 100-200, atau yang extreme sampai oversize 300 seperti milik tiger/cbr ada !.

ini sih ori, ori yamaha loh, hehehe
4.Dop lampu,  lah ini yang sering bjr pakai seperti dop lampu depan maupun dop rem, lebih murah ? pastilah jangan dibandingkan dengan orisinil, bisa dapet 2 malahan.


5. Bearing, ini juga kebanyakan pakai part aftermarket, alasannya sih beragam yang mahal tentu kejar peforma dan daya tahan, yang lebih murah sih ada tuh seperti genio, ha genio ? ya genio produksi skf sama kayak honda yang juga skf, tapi bungkusnya honda, hehehe

Ada yang mau nambahin ?

Semoga berguna

No comments:

Post a Comment