googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Resep AHM Kuasai Pasar, Just Opinion

Resep AHM Kuasai Pasar, Just Opinion


Bicara otomotif khususnya roda dua tentu tidak bisa mengesampingkan 2 pabrikan besar honda dan yamaha. Penguasa market share yang sejak dahulu cucuk-cucukan, sejak era mio sampai era beat, sampai era megapro sampai vixion, istilahnya keduanya rival abadi.

Akan tetapi saat ini lain cerita, berbeda dengan dahulu yang market sharenya beda-beda tipis lah, tapi sekarang berbeda brosis, ahm lebih mendominasi pasar. Angka 70% lebih adalah bukti kedigdayaan ahm, yamaha nggak sampai separohnya?.

Tapi jika dilihar-lihat di lapangan (bukan lapangan bola , hehehe). Bukan tanpa sebab ahm bisa berkuasa. Apa itu ? ya promosi, iklan tampak ahm lebih kreatif dan militan dibandingkan yamaha.


Yamaha stay on moto GP, AHM dimana-mana
Blunder yamaha adalah tetap stay di moto gp, selebihnya hampir tidak ada pergerakan lebih berarti. Bandingkan dengan honda yang lebih memilih ngiklan dimana-mana !, acara bola ada, sinetron ada, film ada, konser ada, dan masih banyak lagi. Bahkan moto gp di tv kabel pun ada !.

Yang bjr salut di acara ARRC yang merupakan kejuaraan level asia , pun ahm sudi memasang iklan.

Mungkin saja yamaha sudah terkonsen atau sudah mengrojok dana marketingnya di acara moto gp, dan ini menurut bjr blunder, mau nggandalkan VR46 terus !?, kalau pensiun mau ngiklanin siapa ? vinaless ? espargaro?, akeh sing ora kenal (banyak yang tidak kenal !).

picture by


Brand ambasador yang kuat
Ahm sudah tepat memilih agnes monica dan vj daniel menjadi brand ambasador vario series, saat ini ditambah al di honda sonic, dan jkt48 di motor honda beat menjadi warning keras bagi yamaha.

Ya dahulu lewat iklan mio j aitakata- aitakata JKT48 menjadi hal yang menarik dan lumayan menjadi brand ambasador produk yamaha, dan entah angin mana bisa pindah ke ahm. Bisa ditengok saat ini yamaha hanya mengandalkan VR46 seorang!, bahkan saat lihat iklan mio Z hadeeh bjr pingin nangis saja sambil membatin (iki karepe opo seh/ ini maunya apa).

Last, tentu strategi marketing setiap pabrikan memang berbeda-beda, dan hasilnya tentu berbeda-beda juga toh, terlepas dari baik mana sih produknya ?, tapi yang namanya gimick marketing itu dhsyat banget, karena dengan masifnya iklan di mana-mana tentu siapa lagi yang ragu untuk membelinya.


Semoga berguna

2 comments:

  1. Why not Sule, Andre?
    Nasibmu... Suzuki...

    Kawasaki? Sinetron Anak Jalanan? Pffft...

    ReplyDelete
    Replies
    1. suzuki gak ada yang longlast jadinya ya....., kawasaki ? terkesan segmented banget

      Delete