googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Musim Hujan, Bearing Roda Berkarat dan Oblak

Musim Hujan, Bearing Roda Berkarat dan Oblak

Halo Brosis,

Tunggangan bjr sehari-hari si verza, beberapa waktu belakangan mengalami masalah lagi, kali ini di bagian roda depan yang berbunyi jegluk-jegluk. Langsung saja netting waduh masak komstirnya kena lagi !

Tapi tetap layak jalan, hanya saja jika front shock terkena lubang maupun poldur langsung bunyi jegluk, sempat berpikir komstir kena lagi ini, tapi setelah bjr cek dengan menstandart tengah motor, lalu di enjrot-enjrot (boso  opo iki/ bahasa apa ini !), hahaha, dan diketahui asal bunyi ada di bagian roda/ velg depan.


Lalu puter ban depan seerrr, terlihat utaran ups salah putaran ban normal, tapi sisi dekat kabel spidometer goyang dombret tipis, lah ini mah klaher/ bearing rodanya red. Padahal belum genap setahun ganti bearing roda depan-belakang lah sekarang sudah kena.


Langsung ngacir ke bengkel langganan, bongkar dan dicek, loalah dalah, ternyata nggak hanya kocak (bukan lucu !) / oblak tetapi kondisinya sisi dalam berubah warna jadi emas alias berkarat !


Langsung di getok2 untuk mengeluarkan bearing lah bosh velgnya keluar dalam kondisi berkarat juga !, waduuh ( peningpale).
hadeeeh, 
Selidik punya selidik ternyata kalau berkarat ya pasti kena air lah, dari mana air ? tentu saja meresap ke sisi2 bearing, terlebih bjr lupa saat dulu waktu mengganti plus ditambahi grease/stempet, ternyata ini nih biang keladinya, yang menyebabkan kotoran sukses menumpuk, ditambah kena air ditambah lagi bearing tipe z yang memakai penutup seng bukan rs yang berpenutup karet.

Untung saja bosh masih bisa dipakai, tapi dibersihkan dahulu, lalu tebus bearing tipe rs lalu pasang kali ini tidak pakai ditambahi grease/stempet lagi.


Sebenarnya bjr gak nyangka bearing roda bisa berkarat kayak sebegitunya, kalo oblak sih maklum, kalo ngarat lah ini yang bikin kagok, mungkin tutup tipe z yang dari seng ngaruh ? atau memang dari tambahan stempet yang mengundang karat karena akrab dengan air hujan ?.

Anehnya bearing bagian roda belakang bjr cek, lah ternyata normal !,


Yups cek bearing rodamu brosis 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a comment