googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Minimal Bikers Harus Bisa Ini

Minimal Bikers Harus Bisa Ini

Halo Brosis
kalo ini, nggak harus sih, ehehehe

Jujur sebenarnya untuk memilih judul ini agak sedikit bingung, tapi tak mengapalah yang penting isinya,hehehe.

Saat ini motor sudah menjadi alat transportasi yang paling sering digunakan di Indonesia, dan seringkali juga meiliki motor tidak hanya sekadar untuk dinaiki saja, akan tetapi harus juga dirawat loh gan.


Memang benar sih puluhan juta motor yang seliweran di Indonesia sudah sedikit banyak diimbangi oleh jumlah bengkel yang bejibun juga, mau bengkel resmi ada, setengah resmi ada, atau bengkel pinggir jalan ada (ya iyalah semua bengkel pinggir jalan, mau dipinggir mana lagi, hehehe).

Akan tetapi sebagai bikers/ pengguna motor, entah itu pria atau wanita (bjr nggak mau ngremehin cewek soal motor, entar dibilang diskriminasi), sebenarnya lebih baik memiliki kemampuan dalam merawat motornya, jangan dikit-dikit ada masalah kebengkel, lah kalau duit banyak sih nggak papa, hehehe. Tapi nggak semuanya harus berboros-boros untuk membuang jasa perawatan toh, memang jumlahnya nggak seberapa, tapi kalau brosis total setahun ajalah, jumlahnya terbilang lumayan kan.


Yap, tanpa basa-basi lagi ini skill minimal yang harus dimiliki bikers untuk merawat tunggangannya.

olinya yang depan bukan yang belakang, hehehe

1.Ganti Oli,  cie masa ganti oli saja harus kebengkel sih, lumayan loh ongkosnya sekitar 2 ribu sampai 5 ribu rupiah untuk jasa ganti oli.  Coba saja deh buka baut tap oli yang ada di bawah mesin, kelar oli di tab tutup lagi lalu buka tutup oli mesin lalu tuang, susah ? coba deh gampang kok !, nggak punya kunci ? pinjem tetangga dah.

yuks setel rantai, hehehe
2.Steel Rantai, meski saat ini jamannya motor matic, tapi populasi motor berpenggerak rantai masih bejibun kok. Tentu saja bikers pengguna motor yang berpenggerak rantai masih harus melalui ritual setel rantai entah itu tiap 1 bulan, 2 minggu pasti rantai mulai kendor minta disetel. Steel rantai mudah kok, dari pada ke bengkel kena berapa hayo ?.


3. Cuci Motor, bjr saja sampai lupa kapan terakhir kali pakai jasa cuci motor,  memang bjr demennya sih nyuci sendiri, males ? pikirkan lagi brosis, saat ini cuci motor paling murah 7000 sampai yang paling mahal bisa belasan sampai puluhan ribu, tinggal kalikan setahun brosis berapa kali. Coba cuci sendiri motor brosis, susah ? halah anggep saja mandiin bayi atau hewan peliharaan brosiss.



4. Ganti Busi, busi memang piranti yang nggak seberapa boros untuk diganti di motor 4 tak, tapi bagi bjr maksimal umur busi untuk pembakaran optimal ya 15 ribu km. Saat brosis beli motor pasti dapat juga kunci busi yang ada di dalam bagasi bawah jok, bagi bikers tentu ganti busi dengan tangan sendiri mestinya adalah hal yang wajib bisa dilakukan, minimal jika motor kena banjir atau tiba2 mogok businya mati brosis nggak kebingungan buat cek busi motor kan.

Yap menurut bjr keempat hal di atas adalah hal yang paling minimal bagi bikers , bagi yang belum bisa segera belajar, dari pada pemborosan, hehehe, tapi bagi yang  duitnya lebih-lebih sih nggak papa kan. Dan juga kalo belum bisa ya pasti belajar entah sama yang bisa atau improvisasi , gagal itu hal biasa, yang penting setelah gagal agan bisa.


Semoga bermanfaat 

4 comments:

  1. Kirain harus bisa stel karbu. Hehe... Masih bingung soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bisa, ane juga bisa tapi entah pas apa nggak, hehehehe

      Delete
  2. ente sepertinya belum tersesat bang olinya... rugi atuh ganti 2rb km skali pdhl masih bagus pas 4rb km lbh kalo pake fastron... emang susah ilangin doktrin lama, tapi kalo dah nyoba bakalan nagih pake oli mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum gan motor ane motor murah, tapi boleh lah kapan2, hehehe,

      Delete