googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Servis Besar, Dicicil Saja Beli Sparepartnya

Servis Besar, Dicicil Saja Beli Sparepartnya

Halo Gansis

motor nguli, 13 tahun baru ganti jeroan mesin

Sebenarnya tulisan ini terlilhami oleh pengalaman bjr sendiri, ya beberapa waktu yang lalu motor kantor ibuk bjr yaitu supra x lansiran lama (2003)yang bjr servis besar. Ya nggak besar-besar amat juga tapi cukup buat kantong bolong. Servis meliputi ganti piston set, kampas kopling,rantai kamrat, dan klep.
Sebenarnya yang pakai motor sudah diruh biarkan saja, toh hanya dipakai gawe dengan rute 8 km tiap harinya, tapi sebagai anak yang berbakti (ciyee, hehehe) ya bjr gak bisa diemin gitu saja.

Lah ini kendalanya tentu saja dana, lah gimana yang punya motor nggak kasih lampu hijau buat servis tu motor akhirnya bjr cicil beli sparepartnya. Bjr mulai membeli satu per satu pasca touring ke Jakarta tahun lalu, ya kira-kira 6 bulananlah nyicil.


Setiap 1 atau 2 minggu bjr sisihkan buat beli sparepart motor, berat memang , terlebih bjr lagi sibuk2 nya buat nyelesaikan skripsi, mengejar lulus semester depan. Beberapa part memang tidak mahal akan tetapi ya itu sambil melihara si mx dan verza belum lagi keperluan kuliah belum lagi skripsi, disinilah bjr berlatih memanajemen keuangan seefisien mungkin (nggak rugi kuliah di manajemen, meski Cuma 1 semester, wkwkwk).

nyicil nyicil, hehehe

Beberapa part tersebut (seperti yang tampak difoto) adalah sebagai berikut :

Rantai kamrat kit Ori HGP = 65 ribu
Kampas kopling Ori HGP = 75 ribu
Klep In Out Ori HGP = 70 ribu
Seal Klep Ori HGP 2 biji = 22 ribu
Pack Top Set TGP = 28 ribu
Oli Prima XP 1 L = 37 ribu
Dop Lampu Depan Ori Yamaha = 24 ribu
As shock belakang Asco 1 set  = 70 ribu
Busi NGK = 14 ribu
Piston Kit Ori HGP = 120 ribu
Seal Shock Depan 2 biji  Federal = 30 ribu
Oli Shock = 15 ribu
Kampas rem belakang Orisin = 25 ribu
Total = 595 ribu

Ya memang bukan jumlah yang besar (bagi yang punya uang, hehehe) tapi bagi bjr yang masih mahasiswa ya kalo disuruh bayar segitu langsung mah langsung jadi pengangguran di rumah, hahahaha.

Alternatif Rondo Menggiurkan di Range Harga New CBR 150 R

Dan akhirnya minggu lalu semua barang terkumpul (beberapa nggak sempat ke foto), dan langsung dah bjr taruh di bengkel langganan, dan 4 hari kemudian bisa diambil. Ongkos 120 ribu untuk mengganti semua ditambah ongkos kolter 40 ribu (bengkel resmi asti lebih mahal hehehe).
ganti as shock belakang sekalian

Setelah itu langsung dibawa pulang, lah ibu bjr bilang kok motor e tiba-tiba enak ?, ya bjr jawab “ya didandani” (diperbaiki), langsung dah, ahamdulillah setelah mengetahui semua ongkosnya bjr dapet ganti, separuhnya hehehe, lumayan (walau tetep rugi)

Last ini hanya sekadar berbagi pengalaman saja, dan mungkin bisa juga ditiru, bila motor agan agan yang sudah waktuya servis besar bisa disiasati seperti bjr ini, ya mungkin kalau anak kuliahan butuh 5-6 bulannya ngumpulin, tapi kalau sudah kerja ya paling 2 bulan sudah terkumpul semua, (bergantung niatnya juga sih , hehehe). Sekian terima kasih

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment