googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Pasang Ruji Lurus, Tampil Gaya Tapi Tetap Harus Waspada

Pasang Ruji Lurus, Tampil Gaya Tapi Tetap Harus Waspada


Halo Brosis
Spoke Wheel atau bahasa lainnya velg ruji memang sekarang masih digemari, malah bagi yang doyan modif klasik ala cb-cb an hampir 90% memakai velg ruji ini. Begitu pula bjr, dulu saat masih sma bjr juga pakai velg ini alias velg sutandart, wkwkwk, tapi terkadang juga pakai velg aluminium, tapi bjr gak seberapa demen, tentu saja karena velg besi ruji lebih tahan banting, hehehe.

Lah dahulu bjr gemar sekali mengaplikasi bentuk ruji lurus, nggak tahu ?, lihat di gambar, yups pasang ruji begitu adalah kegemaran bjr waktu masih sekolah, hal ini bjr siasati karena pingin tampil sedikit sangar dengan dana terbatas (baca waktu itu masih kere, wkwkwkw). Bukan tanpa sebab ya itu tadi pingin tampil gaya, akan tetapi sebenarnya harus tetap diperatikan jika pasang ruji model begini nih.

Ruji yang terpasang adalah ruji standart, biasanya bjr beli di bengkel seharga 19-20 ribu itu dibungkusnya ada tulisan Yamaha, langsung ngacir ke tukang velg, minta pasang ruji model lurus atau orang2 memplesetkan ruji becak. Sebenarnya pasang ruji model begini sangat tidak di rekomendasikan, tukang velg pun mengamini itu. 
Pasang Gear GL 100 di Honda Verza, Nafas Lebih panjang

"Rawan patah, hati2 kalo ketemu lobang" itulah pesen tukang velg, bjr sih iya in saja padahal ya langsung kalo ketemu lubang tetep hajar hehehe. Seharusnya ruji terpasang menyilang seperti yang teraplikasi di motor standart spoke wheel, mengapa menyilang karena untuk dengan menyilangkan ruji maka tetap membuat velg terjaga kerigidanya, tidak hanya itu ruji menyilang untuk menarik ruji agar lebih kuat mengunci di nepel velg jadinya lebih stabil gitu kata tukang velg.

Tapi ruji lurus tetep bjr gemari loh, alasannya pertama ya dapat gaya dikitlah waktu dilihat, kedua mudah membersihkannya, hal ini karena ruji lurus tidak akan bertabrakan antar ruji jadi mudah sekali untuk membersihkannya, alhasil ruji pun tetep awet kinclong, bahkan saat itu setahun pun belum menemui gejala ruji kusam maupun berkarat, ya iyalah kotor dikit langsung bjr lao, hehehe.


Tapi kelemahannya ruji lurus tetap ada diantaranya kekuatannya tidak sekuat ruji silang, hehehe, bahkan bjr dulu pernah ilang dua biji itu ruji, loh kok hilang,? hal tersebut karena saat hajar lubang  tanpa bjr sadari dua ruji langsung copot !.

Akan tetapi yang perlu digaris bawahi adalah bjr mengaplikasikan ruji lurus ini hanya di roda depan !, karena rawan jika roda belakang juga memakai ruji model lurus. Sebenarnya ada tips  jika pingin kuat pasang ruji lurus yaitu memakai ruji motor yamaha nouvo, kodenya bjr lupa hehehe dijamin kuat begitu kata tukang stell velg langganan bjr.


Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a comment