googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Servis Besar CVT Honda Beat

Servis Besar CVT Honda Beat

Halo Brosis


Beberapa waktu yang lalu bjr sempat posting mengenai ganti aki honda beat (lagi), dan pasca mengganti aki pun si beat ternyata sudah meminta jajan lagi , hehehehe. Pasca satu minggu bjr membeli aki keseharian honda beat tetap seperti biasa normal, dipake bergantian, tentu dengan bobot beruang, hehehe. Lah tiba-tiba saat bjr pakai timbul suara kasar di cvt.
Ya masalah klasik di cvt yaitu suara kasar, akan tetapi diperparah dengan grenjel-grenjel, terkadang juga sesekali waktu digeber terdengar suara kampas ganda yang selip. Waduh langsung saja berpikiran jelek "minta jajan lagi ni motor" hehehe.




Setelah sampai rumah, tengok odometer, loalah sudah 77 ribu km ternyata, sudah kurleb 2 tahun semenjak bjr ganti kampas ganda dulu, akan tetapi ada satu yang terlewat waktu itu, seharusnya saat itu bjr ganti juga dengan mangkok gandanya.


Tidak lupa ganti juga karet dumper kampas ganda, karena part ini sebenarnya fungsinya signifikan berpengaruh meskipun bentuknya kecil-kecil cabe rawit, kalau di bengkel tinggal bilang karet ganda beat, kalo nggak mudeng yang jualan ya bilang saja karena part ini sama dengan karet gandanya honda grand, tapi belinya cukup 3 biji harga murah meriah paling mahal 5 ribu perbiji.

gear gl 100 di Honda Verza, Nafas Tambah Panjang

mangkok ganda baru, kinclong lah 

Perannya signifikan bangets (lebay), karena karet ini sebagai bantalan kampas ganda, bayangkan saja saat cvt memutar part ini juga akan terkena dampak , panas iya, maka dari itu disarankan diganti saat mengganti kampas ganda, atau dicek saja waktu ganti van belt, part ini nggak akan hancur, tapi paling parah ya getas keras.

bisa substitusi pakai grand
Kelar ambil uang di celengan, langsung dah meluncur ke bengkel beli sparepart yang kudu diganti , berikut daftar belanja bjr :

kampas ganda -> 125 ribu

mangkok kampas ganda -> 85 ribu

Vanbelt+roller -> 110 ribu

karet ganda 3 biji  -> 15 ribu

kampas rem belakang (federal) -> 25 ribu

grease yamaha- 14 ribu

pak cvt -> 17 ribu

Total, 391 ribu

Awalnya was-was saja mungkin part lain kena juga dan harus ganti, misal sliding shave yang lumayun mahal, maupun rumah roller, akan tetapi berbekal kepercayaan langsung dah cus ke bengkel. nggak pakai antri langsung dah di bongkar,

kampas ganda setelah 32 ribu, masih tebal tapi keras dan gosong


Tampak seperti kampas ganda sebenarnya masih tebal, akan tetapi gosong dan mengeras, lalu mangkok ganda lumayan, lumayan ancur maksudnya , hehehe, maklumlah sudah 77 ribu km. Tampak kampas ganda hitam legam, belum lagi penyok sana-sini sebagai akibat gesekan dari sliding shave kampas ganda, Bagian dalam mangkok ganda sebenarnya mulus, akan tetepi bagian sudut dalam, tampak sudah kemakan, hal inilah yang membuat kampas ganda selip dan gosong.
mangkok ganda setelah 77 ribu km , gosong dan peang

Dan alhamdulillah sliding shave dan rumah roller masih bisa dipakai. Bjr gak njelasin step by step bongkarnya, karena yang bongkar di bengkel langganan bjr (aslinya nggak bisa, hehehe).

Setelah semua part diganti dan terpasang, langsung dah gas pol , cieeet eh lupa bayar dulu boy, hehehe, 50 ribu

Shockbreaker Belakang Mati ? Ganti Asnya saja

Impresi
Setelah penggantian 3 part vital yaitu, kampas ganda, mangkok kampas ganda, dan vanbelt kit o iya lupa satu lagi karet ganda, impresi yang bjr rasakan MANTAAP, seperti motor baru, tidak ada lagi gejala grenjel-grenjel maupun selip di cvt, suara kasar hilang musnah, 

Ya itulah sekadar bjr share berbagi, ritual jajan si beat yang terasa sekali (biayanya), hanya saja tidak sering-sering sih mungkin 30 ribu km lagi baru ganti lagi, hehehe. So punya matic jangan hanya gaspol , enak-sih enak tapi kantong lumayan terasa.

Note , Jika kesulitan mencari kampas ganda atau mangkok ganda, bisa beli di bjr,

Semoga bermanfaat




No comments:

Post a Comment