googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Mesin SOHC Yamaha, Mau Update Bagaimana Lagi ?

Mesin SOHC Yamaha, Mau Update Bagaimana Lagi ?


Segmen 150 CC saat ini sudah sangat ramai hampir seluruh pabrikan mempunyai line up. Mulai dari bebek, matic, dan tentu saja yang paling gendut segmen sport. Pilihan mesin pun beragam  mau mesin selonjoran ala matic? dengan teknologi vva ? ada, tengok ke segmen sport dan bebek , ada sohc 4 klep? ada, dohc ? ada mau overbore dan square pun ada , pokoknya lengkap dah untuk segmen 150 cc.

Perkembangan teknologi mesin pun sudah berkembang pesat, jaman dahulu sohc 2 klep  adalah yang paling jamak di temui mulai dari gen honda gl sampai kawasaki dengan binternya, lalu yamaha dengan big size scorpio enginenya, lalu suzuki dengan thundernya. Tidak bisa dipungkiri di Indonesia Yamaha  adalah pionir dengan revolusi enginenya , ya dengan melahirkan mesin SOHC 4 klep berpendingin radiator adalah sebuah terobosan baru waktu itu, memang sih ada dohc overbore cbr dan satria meski tidak seberapa banyak. 


Seiring berjalannya waktu engine mx dan vixion series mulai digemari, bjr pun tidak menampik melihara mx selama 8 tahun sudah cukup sahih membuktikan bagaimana ketangguhan mesin ini. Sebuah Komposisi tepat antaa peforma dan efisiensi, jika dihitung hitung sudah 10 tahun sejak mx lahir di 2005. 

Near Square DOHC Honda Terbukti Nampol

DOHC Near Square, terobosan baru

Sampai pada akhirnya Honda AHM melahirkan NCB dan All New Sonic dengan mesin 150 cc DOHC Near Square , artinya honda yang selama ini terkenal dengan overbore dohc kini berevolusi menjadi Square, hasilnya ? Bisa dilihat NVA mendapat hantaman keras, SOHC 4 Klep 150 cc Yamaha di ujung tanduk. 

Bisa dikatakan engine SOHC 4 Klep Yamaha membutuhkan sentuhan baru, bisa bahkan Yamaha melengserkannya dan mengganti dengan paltform DOHC, meskipun selentingan ke depan akan dicangkokkan teknologi VVA, akan tetapi apakah masih tetap perkasa ? entahlah

Melihat posisi saat ini Yamaha berada di posisi yang tidak mengenakkan, DOHC Near Square Honda sudah terbukti digdaya di segala sisi, baik itu peforma di segala rentang rpm dan efisiensi yang selama ini menjadi andalan yamaha pun telah direnggut oleh mesin baru Honda terlebih near square dohc honda dirasa belum maksimal dan kabarnya akan benar-benar dimaksimalkan di New CBR 150 tahun depan. Tentu saja akan semakin ketinggalan lagi jika engine Suzuki new Satria F di beber gamblang bisa bisa yamaha kalah telak. 

Urgent Upgrade Mesin ?
 Tahun depan disinyalir adalah tahun paling komplit untuk persaingan di segmen sport 150 cc , dan mau tidak mau yamaha harus melakukan update atau bahkan upgrade di sektor mesin , apa masih tetep kuekeh dengan langkah 57 x 58,7, SOHC 4 Klep , atau masih dengan TB 28, ya mungkin diprediksi paling mentok dan rasional adalah dengan membenamkan VVA , meskipun para fby berharap Yamaha melahirkan engine DOHC 150cc, (bjr juga ngarep), hehehe

Salam Brosis



No comments:

Post a comment