googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Bearing Honda Verza

Ganti Bearing Honda Verza


Halo brosis
tukang nglayap, hehehe

Sudah ribuan kilo jarak yang ditempuh (iwan fals mode on, hehehe), bukan ribuan lagi sih , akan tetapi sudah puluhan ribu. Tercatat semua provinsi di pulau Jawa sudah sukses di singgahi. Odometer atau jarak tempuh yang tertera sudah mencapai 33 ribu km lebih (saat tulisan ini dibuat).

Tak banyak perawatan yang bjr lakukan terhadap tunggangan yang sehari-hari bjr gunakan buat cari ilmu dan kesenengan. Tercatat Cuma ganti oli tiap 2 ribu km, ganti filter udara sudah 3 kali, busi 2 kali, dan servis setiap 10 ribu km. Selebihnya tidak ada bagian yang diganti secara berarti.



Akan tetapi sudah 2 minggu ini bjr dibuat pusing pala barbie oleh si verza, hal itu dikarenakan bagian fork (depan) dan buritan kurang nyaman ketika di buat menikung. Alhasil saat menikung sukses melebar dan gak berani rebah. Awalnya cek ban depan yyang bersepatu FDR Genzi akan tetapi normal saja, meski sudah mulai bergelombang. Kemudian cek bagian belakang yang bersepatu Michelin Pilot Street, dan ternyata juga normal.

Tersangka utama setelah ditelisik adalah bagian bearing roda, ya mulai oblak ternyata, memang tidak parah dan kelihatan, akan tetapi ketika menikung (cornering) gejala bearing ban oblak terasa. Coba cek ternyata kode bearing depan verza sama plek dengan MegaproNew (NMP) 6301 RS, sedangkan belakang lebih besar 6302 RS.

Langsung meluncur ke dealer, dan eng ing eng, ternyata kosong, langsung dah melipir ke bengkel langganan, ternyata kosong juga bearing ah, dan ditawari merk genio yang juga dari pabrikan skf, oh iya brosis bearing roda honda juga buatan skf , gak percaya coba cek, akan tetapi untuk kode RS tidak ada, adanya kode belakang z.

Perbedaan kode z dengan rs adalah jika, rs bantalan penutup bearing adalah plastik karet, sedangkan z bantalan penutupnya besi (seng). Langsung saja bjr tebus dengan mahar untuk 6301 seharga 21 ribu dan 6302 seharga 22 ribu, tinggal dikali 2 masing masing, masih kembali 14 ribu (uang bjr 100 ribu).

Bjr nggak tulis tutorial pasang bearing, bjr yakin bikers yang sayang motor sudah tahu caranya hehehe. Impresi setelah di pasang ? , mantap masbro, saat cornering gejala membuang sudah tidak ada lagi, dan saat riding sudah tenang kembali.

Cek Kondisi Bearing Sebenarnya berdasarkan informasi yang bjr dapat setiap 4ribu km harus ganti bearing, akan tetapi bjr sarankan cek saja kondisi bearing, jangan membabi buta memvonis masalah ban jika terjadi hal yang tidak bearing di roda depan maupun belakang. Karena kerja bearing lumayan berat terlebih jika brosis demen klayapan dan punya badan panda seperti bjr, hehehe. Harus sering cek kondisi bearing.

Sebisa mungkin juga gunakan bearing yang tidak abal abal, dan gunakan merk terpercaya dengan harga yang rasional tentunya semisal genio,skf, ntn dan merk bawaan pabrik. Mau pasang bearing racing ? boleh juga, tapi tetap saja bearing racing bukan jaminan gak ganti bearing selamanya.

Yups, cek bearing rodamu sekarang,

Semoga Bermanfaat



11 comments:

  1. maz bro, ane mau tanya nih, verza ane kalo pas jalan kalo ada selisih tinggi jalan/jalan ga rata verza ane goyang kanan kiri itu pengaruh dari apanya ya? sama kalo d tikungan melebar ga berani miring2..hehehe... itu pengaruh dari apanya maz bro.? suwun.

    ReplyDelete
  2. Sma kya verza ane jg gtu .. oleng .. goyang kanan kiri ..

    ReplyDelete
  3. kalo ada selisih tinggi ya lumrah gan gan goyang kanan kiri, kalo belok melebar bisa bearing roda, komstir, atau ban

    ReplyDelete
  4. https://www.tokopedia.com/bearings/bearing-roda-set-honda-verza-koyo?n=1

    silakan gan bila butuh bearing

    ReplyDelete
  5. gan,verza ane bunyi kresek2 di bagian roda depan. wkt itu dibawa ke bengkel kata mekaniknya komstir hrs ganti. tp stelah diganti komstir baru,bunyi kresek2 ttp ga ilang. apa mungkin masalahnya di bearing gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bunyi aneh di roda nggak ada hubungannya dengan komstir gan, kemungkinan bearing roda, bisa kering atau oblak atau juga seperti ini http://www.bangjoru.net/2016/07/bunyi-mendengung-di-honda-verza-cek.html

      Delete
  6. barusan dah ane ganti bearing nya gan,tp mslh blm terpecahkan,alias msh bunyi srek2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek bagian kampas cakram dan piringannya

      Delete
  7. Mau tanya mas bro. Verza ane klo buat cornering kanan guncang, tp klo cornering kiri aman/tenang. Ane cek bearing dan bosh swim arm masih keadaan baik. Yang ane bingungin tu apa yang buat verza ane oleng ketika buat cornering kanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek ban belakang, kalau nggak ya dari shock belakang (mungkin) setelan kekerasannya gak sama antara kiri dan kanan

      Delete
  8. Klo kode bearing gear nya brapa gan

    ReplyDelete