googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Menyoal Cepatnya Upgrade Cbr

Menyoal Cepatnya Upgrade Cbr

Cbr atau k45 sebentar lagi akan menjadi old cbr, mengikuti jejak cbr thailand, kata old memang merujuk pada hal yang ( lama). Memang sebenarnya setiap 2 sampai 3 tahun pabrikan akan memfacelift produknya meski secara minor atau istilahnya tipis tipis lah, semisal nvl yang difacelift menjadi nva dengan revisi dibagian headpamp dan penambahan undercowl sebagai aksesori tambahan.
Sebagaimana telah diberitakan jagat blogsphare otomotif (indomotoblog), sudah banyak gonjang ganjing all new cbr, disinyalir memang new cbr series akam diluncurkan tahun depam di pertengahan tahun, masih lama cuy, tapi nggak ada salahnya kan dibahas hehehe.


Good bye overbore
Agustus lalu honda melahirkan new dohc engine, meninggalkan karakter overbore dan berevolusi dengan tipikal square, atau sesuai dengan sebutan honda near square. Ncb dan sonic menjadi debut mesin dohc near square with rra (roller rocker arm). Berhasilkah ?, bisa dilihat hasil test ride di beberapa media dan blog, new dohc near square sukses menekuk engine yamaha sohc 4 klep baik di atas dyno maupun di atas aspal. Dan dengan bukti sahihnya mesin ini otomatis engine overbore dohc honda akan di pensiunkan, serius, termasuk juga new cbr 150 kelak akan menggunakan dohc near square !.



Common part
Dohc with rra memang terbukti ampuh di segala putaran mesin. Akan tetapi bukan itu saja yang melatarbelakangi lengsernya dohc overbore, ya bisa dilihat sekarang hanya menyisahkan cbr k45 yang !asih menggendong overbore engine, otomatis secara cost (biaya) ini bukanlah sesuatu yang menguntungkan, dan akhirnya strategi common part adalah solusi terbaik, lihat saja diameter piston ncb, sonic, nmp, verza podo plek 57,3 mm, hanya k45 yang pakai piston segede gaban , hehehe, terbukti dengan common part dapat mempertahankan keuntungan, tidak hanya engine, kaki kaki, suspensi, sein, lampu dll juga akan common part dengan ncb, harapannya sih tentu harga jual nggak akan nglunjak terlalu jauh, palingan sih nambah maksimal sejuta dari cbr old (k45)


Goodbye design lokal 
Semua motor yang di produksi ahm sudah mulai berkiblat ke produk global,  tercatat hanya verza yang pure design lokal, kedepan juga begitu dengan cbr 150 meski ada bocoran jika design tidak akan jauh dari line up honda global, dalam hal ini tentu cbr 400 maupun 500,


Conclusion 
Pada intinya honda akan meninggalkan engine overbore dohc dan beralih ke near square dohc, lupakan sensasi overbore yang meleduk leduk di high rpm , dan mulailah membiasakan engine yang tangguh di segala putaran. Hehehhe.

No comments:

Post a Comment