googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Paradigma Dikotomi Dalam Linguistik

Paradigma Dikotomi Dalam Linguistik


Linguistik Teoritis vs Linguistik Terapan
Linguistik Teoritis adalah Studi linguistic yang menyelidiki bahasa,untuk menemukan kaidah bahasa dari perspektif (sudut pandang) bahasa secara structural.Linguistik Terapan adalah studi linguistic yang menyelidiki permasalahan bahasa yang kemudian di hubungkan dengan studi tertentu.
Linguistik Preskriptif vs Linguistik Deskriptif
Linguistik Preskriptif adalah studi linguistic yang menyelidiki bahasa dari pandangan peneliti itu sendiri..Linguistik Deskriptif merupakan studi bahasa yang mengkaji bahasa berdasarkan fakta nyata bahasa  itu sendiri.
Lingusitik Makro vs Linguistik Mikro
Linguistik Makro,adalah studi bahasa yang mengakaitkan bahasa dengan studi ilmu lain,linguistic makro juga identik dengan  Linguistik terapan.Linguistik Mikro adalah studi bahasa yang berada pada ruang lingkup bahasa (dalam batas bahasa itu sendiri) dan tidak berkaitan dengan studi ilmu lain.
Historis komparatif vs Tipologis Komparatif
Historis Komparatif,merupakan studi yang membandingkan sejarah bahasa berdasarkan sejarah bahasa itu sendiri,berguna untuk menentukan sejarah bahasa.Tipologis Komparatif,merupakan kajian yang menyusun kekeluargaan atau kekerabatan bahasa berdasarkan tipe dan kesamaan bahasa.
Linguistik Sinkronis vs Linguistik Diakronis
Linguistik Sinkronis adalah studi linguistika berdasarkan suatu data,dan menjelaskan esensi bahasa secara structural maupun secara otonom tanpa harus menggunakan dua data yang berbeda.Linguistika Diakronis adalah suatu studi linguistika berdasarkan dua data dari waktu yang berbeda yang menghasilkan sejarah bahasa.
Struktural vs Pragmatikal
Linguistik yang menekankan struktur ,yaitu bentuk-bentuk formal bahasa,dalam analisis structural yang di otak-atik adalah bentuk suatu kalimat di terpong dengan mengamati yang mana yang merupakan subjek,yang mana yang merupakan predikat.adalah analisis bahasa berdasarkan sudut pragmatic (maksud yang baik) yang diekspresikan secara tersurat maupun tersirat dibalik tuturan.
Sintagmatik vs Paradigmatik
Sintagmatik adalah hubungan linier antara unsure-unsur bahasa,hubungan tersebut juga disebut in presentia.Sedangkan Paradigmatik adalah hubungan yang memungkinkan suatu tanda bahasa bertukar-tukar atau dipertukarkan karena memiliki asosiasi dengan makna lain.,hubungan ini disebut hubungan in absentia.
Kompetensi vs Performansi
Konsep Kompetensi dan Performansi di kemukakan oleh Noam Chomsky.Kompetensi adalah pengetahuan penutur-pendengar mengenai bahasa mereka,sedangkan performansi adalah aktualisasi bahasa.

No comments:

Post a Comment