googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Hotpants,Antara Trend dan Stigma Negatif

Hotpants,Antara Trend dan Stigma Negatif

Hotpants memang sangat trend saat ini,hotpants yang notabennya biasanya digunakan oleh kaum wanita saat di rumah saat sedang tidur,atau biasanya saat santai dirumah kini juga dapat digunakan diluar rumah.Bahkan Dewasa ini hotpants sudah menjadi trend pakaian wanita,jadi bukanlah hal yang waw jika diluar baik itu di jalan ketika sedang naik motor ataupun di mall-mall acap kali di temui cewek-cewek yang memakai celana super pendek ini.

Tidak hanya itu hotpants juga tak memandang status,entah itu dari kalangan atas,menengah,bawah pun kompak memakai Hotpants.Bahkan ada perkataan jika "Hotpants adalah pakaian kebesaran wanita saat ini".Inilah nyatanya Fenomena celana yang juga acap kali teman saya menyebutnya "Katok Gemeezzz" (Celana Gemez) ini seakan sudah menjamur dikalangan masayarakat Indonesia,tanpa pengecualian,bahkan bila bisa di tebak pun mungkin tak akan salah jika "Dari 10 wanita separuh diantaranya sudah memiliki Hotpants dilemarinya" bahkan bisa saja lebih.

Hotpants bisa dikatakan produk gagal,kenapa bisa ? ya hotpants merupakan produk yang gagal dimana dikatkan celana pendek tidak dikata cancut pun pasti banyak yang tidak menerima,jadi hotpants adalah produk diantara celana pendek dan cancut! yang artinya sebetulnya hotpants tidak secara disengaja di perkenalkan.

Akan tetapi jika dilihat secara Historis atau dari sejarahnya hotpants berasal dari Eropa sekitar abad ke-19,pertama kali digunakan oleh anak-anak yang belum dianggap dewasa.Pada masa itu,laki-laki tidak berani memakai karena takut tidak dianggap dewasa.Apalagi seorang perempuan,tidak diperbolehkan memakai celana pendek karena ikatan norma yang berlaku.Celana pendek digunakan oleh anak laki-laki hingga mencapai umur tertentu.Namun Dewasa ini baik laki-laki maupun wanita dewasa pun menggenakan celana pendek.

Pada tahun 1930 an celana jenis ini mulai meluas penggunaanya,pria dan wanita memakainya untuk berolahraga,tapi bukan untuk kegiatan yang lain.Celana olah raga biasanya tidak lebih pendek dari lutut .Lalu pada abad ke 20,celana pendek sudah menjadi sesuatu yang umum digunakan pada saat musim panas.


Pakaian Pelacur
Dulu,dikalangan prostitusi Eropa,Hotpants digunakan sebagai pengganti dari miniskirt yang suka dipakai oleh PElacur-Pelacur pada tahun 1970-an.Para pelacur itu beralasan bahwa menggunakan Hotpants akan terasa lebih seksi,terutama pada bagian paha wanita.

Diluar Negeri Menjadi Hal Yang Lumrah
Hotpants merupakan pakaian yang lumrah digunakan di Luar Negeri,Pengguna Celana super pendek ini pun juga tidak ada batasan umur entah itu anak-anak,remaja tanggung, pun sah-sah saja menggunakan pakaian ini,Bahkan hotpants sudah menjadi trend fashion pakaian di musim dingin dan menjelang musim panas.Pada awalnya Di Amerika Hotpants sering digunakan oleh penari latar yang sering muncul di Televisi,kemudian para Artis pun mulai banyak yang memakainya untuk acara shownya,hingga kemudian menjadi sebuah Trend di Masyarakat.

Banyak Wanita yang menggunakan hotpants beralasan,selain bisa tampil sexy juga si pengguna akan merasa enjoy saat menggunakannya,jadi sekarang ini Pemakaian Hotpants bukanlah sesuatu yang tabu.

Hotpants juga acap kali digunakan oleh wanita yang memiliki kaki jenjang yang mulus,tidak heran jika wanita seksi menggenakan Hotpants sering dimanfaatkan jasanya untuk dunia Industri dan berbagai event lainnya,seperti di Sirkuit balap (Umbrella Girls) atau juga sebagai SPG sebuah produk tertentu untuk menarik perhatian.

Stigma Negatif Di Masyarakat
Tentu saja Masyarakat indonesia tidak semua mengganggap hotpants sebagai pakaian yang tabu digunakan dimasyarakat,karena dewasa ini masyarakat Indonesia memang sangat pesat pemikirannya,terlebih di era globalisasi ini masysrakat juga bersifat welcome saja atas datangnya budaya baru.
Akan tetapi masih banyak juga masayarakat yang berfikiran bahwa pakaian jenis ini masih dianggap sesuatu yang belum pantas digunakan ,akan tetapi wajar saja karena Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia,oleh karena itu hal semacam Hotpants masih merupakan sesuatu yang "Haram" Digunakan. 

Ya Celana Gemeezzz ini memang sempat menjadi perdebatan beberapa waktu lalu,ketika saudaranya yaitu rok mini sempat dilarang digunakan di tempat umum oleh beberapa Ormas-ormas di Indonesia.Kan tetapi Atas Nama HAM (Hak Asasi Manusia),wanita merasa berhak mengenakan pakaian seronok apa pun,karena mereka berpendapat ukuran Moralitas,tidak dapat diukur dari cara seseorang berpakaian,Begitulah para pengusung Liberal itu berdalih,karena sebab itulah kaum feminis dan aktivis kesetaraan gender membela mati-matian fenomena hotpants yang dewasa ini semakin merajalela.

Sikapi Dengan Bijak
Ada baiknya jika mengambil solusi dengan pikiran jernih,hal itu pula yang seharusnya di lakukan masyarakat juga para Hotpants Holic.Dosen saya pernah berkata jika kita sebagai umat manusia hendaknya menghargai budaya-budaya yang telah tertanam di masyarakat.Dari situlah dapat diambil sebuah garis tengah,Memang tidak ada yang melarang menggunakan hotpants di negara ini (kecuali di beberapa daerah),tetapi akan lebih bijak dan baik jika para Hotpants Holic memakai pakaian itu disesuaikan dengan Tempatnya,jangan sampai seenaknya saja menggunakan hotpants di muka umum.Karena tidak semua orang mampu menerima hal yang masih dianggap tabu seperti Itu.

"Diakui Atau Tidak Hotpants Asalnya Memang Pakaian Para P*l*c*r,Jadi Jangan Salahkan Masyarakat Jika Para Pemakai Hotpants adalah  P*l*c*r"



No comments:

Post a Comment