googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Hakikat Bahasa

Hakikat Bahasa


Hakikat adalah Kenyataan,dan dari Bahasa itu sendiri memiliki Hakikat seperti yang saya tulis di bawah ini,Tentunya hakikat bahasa yang saya tulis di sini adalah menurut dari pandangan saya.
1.Bahasa itu Sistematik,
Sistematik artinya berpola dan beraturan ,bahasa memiliki sistem bunyi dan  mengandung makna yang beraturan.Dalam bunyi,tidak sembarang bunyi bisa digunakan sebagai suatu simbol  dari suatu rujukan dalam berbahasa.Sebelum di ucapkan bunyi harus diatur terlebih dahulu agar dapat terucapkan dan dimengerti.
2.Bahasa itu Tidak Menentu
Tidak menentu disini bisa juga dikatakan acak,bisa tercipta tanpa alasan.Kata-kata dalam bahasa bisa muncul tanpa adanya hubungan logis dengan apa yang disimbolkan atau lebih jelasnya bersifat Arbitrer.Akan tetapi meskipun bersifat arbitrer pemilihan dalam bahasa yang digunakan  terlebih dahulu bergantung  dari kesepakatan pemakai bahasanya.Contoh :Mengapa butiran asin itu disebut garam ? akan tetapi orang jawa sering menyebutnya uya,disinilah terlebih dahulu dibutuhkan pemahaman si pemakai bahasa.
3.Bahasa itu Vokal
Bahasa berwujud dalam bentuk bunyi,memang sekarang seiring berkembangnya teknologi sebagai buah kecerdasan manusia telah menciptakan bahasa dalam bentuk tulisan,akan tetapi tulisan tidak bisa menggantikan ciri bunyi dalam bahasa.Cara Tulis hanyalah sebagai alat untuk mengartikan di atas media lain entah itu diatas kertas,batu,pohon,computer ataupun media lainnya.
4.Bahasa itu Komunikasi
Fungsi utama dari sebuah bahasa adalah sebagai alat interaksi dan komunikasi.Bahasa digunakan sebagai alat untuk mempererat hubungan antar manusia dalam kelompknya,dari kelompok kecil seperti komunitas sampai kelompok yang besar semisal Negara jika tanpa bahsa tidak mungkin terjadi interaksi yang baik antar manusia.Cara berkomunikasi dan berinteraksi pun dapat bermacam-macam seperti berbicara,mendengar,menulis,membaca.
5.Bahasa itu Mengacu pada dirinya
Bahasa adalah bahasa jika dapat dipakai untuk menganalisis bahasa itu sendiri,seperti yang ada di sampul belakang buku “Asas-Asas Linguistik Umum” karya  Verhaar yang terdapat tulisan “manusia memiliki bahasa,binatang tidak memiliki bahasa,karena bahasa miliki manusia itu di pelajari,maka ada ilmunya,yaitu ilmu bahasa yang disebut linguistik”.Dari tulisan tersebut dapat di ambil hakikat bahasa yaitu mengacu pada dirinya yang artinya bahasa bisa di gunakan untuk membicarakan bahasa itu sendiri.

No comments:

Post a Comment