googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Virus,Spionase & Cyber War

Virus,Spionase & Cyber War

Spionase atau yang lazim disebut mata-mata memang bukan hal baru bagi umat manusia.Sejak Era Bar bar ataupun Perang Dunia Spionase memang sudah akrab dengan umat manusia.Bukan tanpa alasan sebuah organisasi atau negara melakukan spionase.Tentu nomor satu adalah untuk mencari tahu informasi baik itu lawan ataupun akan yang menjadi lawan.


Mata-mata Manusia ? Bukan Jamannya !
Dahulu mata-mata manusia memang lebih diutamakan ketimbang yang lainnya bukan karena apa memang jaman dahulu memang satu-satunya alat Spionase adalah Manusia,memang ada sebagian yang menggunakan hewan ataupun mesin akan tetapi Spionase melalui manusia adalah yang paling ampuh menyerap informasi secara mendetail dan kompleks di banding yang lainnya.


Virus Alat Spionase Masa kini dan masa depan !
Beberapa tahun silam indikasi penggunaan Virus untuk menjadi alat Spionase memang terlihat jelas dengan ditemukannya Stuxnet virus yang berbentuk worm ini bukan main canggihnyaWorm itu menargetkan sistem khusus 'supervisory control and data acquisition' (SCADA). SCADA digunakan untuk mengendalikan sistem pipa, pembangkit listrik tenaga nuklir dan perangkat manufaktur lainnya di Iran. Lebih lanjut, peneliti menemukan bahwa Stuxnet dirancang untuk melakukan pencegatan perintah spesifik dari SCADA ke fungsi tertentu.

Belum lagi selang beberapa bulan kemudian ditemukan lagi virus yang bernama "Duqu",Duqu yang muncul akhir tahun 2011. Virus Duqu kembali menyasar sistem komputer di Iran. Microsoft menyebutkan, virus itu mengambil keuntungan dari kerentanan Windows untuk menyuntikkan kode jahat pada 'jantung' sistem komputer.

Kesamaan sifat Duqu dan Stuxnet memunculkan spekulasi bahwa malware ini dibuat oleh orang yang sama atau penjahat cyber di balik Stuxnet memberikan kode ke pengembang Duqu. Namun dugaan ini hingga sekarang belum terbukti.

Meski mirip Stuxnet, Duqu dirancang untuk mengumpulkan informasi intelijen guna melakukan serangan lanjutan pada sistem kontrol industri. Adapun Stuxnet dirancang untuk menyerang sistem kontrol komputer buatan raksasa industri asal Jerman Siemens.

Sebagian besar infeksi virus Stuxnet ditemukan di Iran. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa serangan tersebut sengaja dilakukan untuk menyabotase fasilitas nuklir milik negeri yang dipimpin Ahmadinejad tersebut. Dan lagi-lagi belum ketahuan siapa dalangnya.

Hanya 2 ? Belum ada yang paling Canggih !
Belum habis cerita tentang Stuxnet dan Duqu Dunia Kembali dibuat heboh dengan Penemuan Virus TERCANGGIH bahkan beberapa ahli IT menyebutkan virus yang bernama "Flame" ini Jauuuuuuuh lebih berbahaya dan lebih canggih dibanding dengan Stuxnet dan Duqu sekalipun.Sasarannya Jelas,Flame punya kemampuan canggih. Seperti mengumpulkan data rahasia, mengubah setting komputer secara remote, menghidupkan mikrofon komputer untuk merekam pembicaraan, mengambil screenshot dan mengkopi pembicaraan di instant messaging. 


Dengan Ditemukannya Virus yang paling Canggih dari virus2 lainnya tentu hal ini menjadi sebuah pertanda Bahwa Dunia memulai era baru dalam dunia Cyber yaitu "Cyber War".


Terlepas dari semua hal yang disebutkan diatas memang bisa diambil kesimpulan bahwa Virus pun dapat menjadi Alat penghancur dan Spionase yang menakutkan.

No comments:

Post a comment