googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Simpan Uang Anda & Gunakan Open Source

Simpan Uang Anda & Gunakan Open Source


Apa anda rela membayar  600 ribu (paling murah) untuk sebuah Opearating System (OS) mungkin bagi kebanyakan orang yang mempunyai uang tentu tidak masalah membayar ratusan ribu atau bahkan jutaan untuk sebuah Opeating Systemnya.Pembajakan tentu menjadi hal yang Lazim dinegara ini mereka piker dari pada membayar ratusan ribu untuk sebuah OS PC ,mereka lebih prefer ke yang lebih murah dan praktis yaitu pakai yang Bajakan.



Tentu hal ini melanggar aturan  yang berlaku dimana tindakan pembajakan dianggap illegal tak terkecuali dinegara ini.Tentu masih ada solusi dibalik sebuah kendala,disini lebih prefer jika seseorang yang menggunakan OS bajakan beralih ke OS yang bersifat Open Source dimana lebih hemat  (Gratis).

Tentunya Open Source harus didukung oleh pemerintah agar mendapat kepercayaan dan dukungan agar tindakan pembajakan OS dapat diminimalisir seminim mungkin.Akan tetapi apa yang dilakukan pemerintah tentu tidak akan sesuai yang kita harapkan,awalnya mereka mendukung sesuatu yang bersifat open source dibidang teknologi,akan tetapi kenyataannya pemerintah malah bekerja sama dengan Microsoft yang notabennya adalah perusahaan yang terkenal dengan Windows nya pemerintah bekerja sama dalam sector pendidikan dengan peggunaan OS Windows dalam kurikulum belajar-mengajarnya.



Terlebih jika dilihat prospek kedepnnya Cerah? PASTI,karena 85% perusahaan didunia menggunakan OS yang bersifat Open Source untuk menunjang Bisnisnya,ambil contohlah Facebook yang menggunkan Red Hat untuk menjalankan Servernya,tentunya hal ini akan menjadi gambaran bagi bibit mudah yang masih duduk dibangku sekolah untuk diajarkan menggunakan Open Source jangan malah dicekok'i Operating System yang HAMPIR tidak bisa dikembangkan ataupun dimodifikasi ataupun  malah ada yang lebih parah komputer sekolah yang menggunakan OS Bajakan (Pasti di Korup).

Hal ini tentunya sangat disayangkan  seharusnya pemerintah lebih mendukung OS yang bersifat open source dalam dunia pendidikan agar generasi mudah kita ini tertantang untuk dapat menggunakan Sistem operasi yang lebih ramah dikantong serta dapat mengembangkannya,karena OS open source macam linux pengembangannya jauh lebih mudah dibandingkan Operating System berbayar lain.Tidak hanya itu dari segi biaya tentunya dapat menghemat anggaran,dan tentunya dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.



Tidak hanya itu Operting System yang bersifat Open Source juga mempunyai kelebihan dibanding OS berbayar yaitu sebagai berikut ;
1.Hemat Biaya,karena tidak perlu membeli,
2.Tidak perlu membeli software pendukung,karena open source juga menyediakan sodtware 
    pendukung seperti Open Office.
3.Hemat Devisa,Berapa banyak Devisa Negara yang lari ke luar negeri jika kita terus      menggunakan produk propietary ?
4.Meltih Kretifitas,Dengan Open Source kita dapat belajar memodifikasi ataupun menciptakan
   Operating System baru seperti kemauan kita.
5.Resiko Terinveksi Virus Kecil,hampir sebagian besar virus yang ada di dunia ditunjukkan 
   untuk menginfeksi Operting System Tertutup (Closed Source).

Tentu masih banyak lagi kelebihan OS Open Source yang tidak saya sebutkan,apakah anda tertarik untuk menggunakan Open Source ??,

Sumber Gambar : Google 

No comments:

Post a Comment