googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Resep Jitu Pemain Baru ; Masuk ke Pasar yang lebih sempit

Resep Jitu Pemain Baru ; Masuk ke Pasar yang lebih sempit


Memang bukan rahasia lagi untuk memasarkan motor bagi pabrikan yang bisa dikatakan BARU bermain di pasar tanah air memang tidak mudah.Bersaing dengan empat pabrikan Jepang yang sudah melekat dihati masyarakat sepertinya sulit dilakukan terlebih karena sudah puluhan tahun produk mereka wira-wiri di Jalanan Indonesia.


Bukan Tanpa Celah
Akan tetapi yang namanya kekuasaan pasti ada juga celahnya,termasuk kedigdayaan empat pabrikan jepang yang ada di Indonesia ini.Meskipun beberapa tahun silam sempat digempur dengan mocin (motor cina) yang mulai ekspansi di Indonesia pada medio tahun 2000-2006,tetap saja tidak dapat mengulingkan kekuasaan pabrikan Jepang walaupun dibanderol dengan harga yang sangat muuurah sekalipun.
Back to topic,Tahun 2007 (kalau tidak salah) pabrikan baru mencoba masuk ke tanah air,Yaitu Bajaj dengan TVS yang notabennya adalah pabrikan asal India.Apakah berhasil ? tentu jika dibilang sukses sih tidak (lumayan dibandingkan motor china) ,akan tetapi untuk kedepannya kedua pabrikan ini mempunyai prospek yang cerah di Indonesia.

Kuncinya Memasuki Pangsa motor yang berkembang
Disini background pabrikan bajaj yang produknya didominasi motor laki (sport) pun akhirnya terbukti berhasil menyihir konsumen tanah air,beda lagi dengan TVS yang lebih memilih memasukkan motor jenis bebek dan sport,hasilnya bisa ditebak penjualan bebek tidak akan laku sekeras motor sport.Kuncinya memang bermain di porsi yang kecil pangsa pasarnya yaitu motor sport yang hanya mempunyai proporsi kurang lebih 10% dari seluruh penjualan motor di Indonesia.


Pabrikan Lain pun Mengekor
Yap bisa ditebak setelah kiprah hampir 6 tahun bajaj,pabrikan lain pun mulai menunjukkan tajinya,seperti Minerva dibawah Bendera PT.MMI,taupun Viar,keduanya pun kompak mengikuti langkah duo India,yaitu bermain di segmen sport.Bahkan Minerva dengan R150VX sudah mampu membius hati konsumen roda dua tanah air dengan Desainnya yang membuat pabrikan lain Minder abizzz,ataupun Viar dengan motor trailnya yang tersebar dipelosok tanah air.

Menonjolkan Desain dan Harga yang bersaing
Bukan rahasia lagi Dengan strategi harga yang bisa dikatakan sangat bersaing dengan kompetitor Jepang plus ditunjang dengan Desain yang Beda dari yang lain terbukti sedikit demi sedikit dapat mengerus porsi motor sport pabrikan Jepang.



Kedepannya ;Meningkatkan Performa Mesin
sampai saat tulisan ini dibuat dari data yang saya olah dari beberapa forum hanya mesin bajaj dan TVS saja yang paling sedikit keluhan,hal ini jelas kualitas mesin keduanya hampir setara motor Jepang,untuk ppabrikan lainnya masih mengalami kendala disektor mesin.Mungkin kedepannya jika masalah mesin ini dapat teratasi bukan tidak mungkin pangsa pasarnya akan terus berkembang.

Sumber gambar : Google 


No comments:

Post a comment