googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Tentang Sakit Punggung

Tentang Sakit Punggung

Saat pria mulai memasuki usia paruh baya, mereka biasanya mengalami masalah dengan punggung. Sebagian besar masalah punggung berhubungan dengan postur tubuh yang buruk yang bisa anda atur. Bagian bawah tulang belakang menahan berat tubuh di atasnya. Saat kita duduk, tulang belakang memindahkan berat tersebut kepada panggul dan saat kita berdiri memindahkannya kepada kaki. Sepanjang hari selama kita berdiri tegak, berat badan menekan bagian bawah tulang belakang. Dengan penekanan seperti itu, tak heran jika tubuh menjadi lebih pendek di ujung hari ketimbang saat pagi menjelang.

Pada postur alami yang baik terdapat lengkukan ke dalam atau lumbar lardosis pada bagian bawah punggung. Lumbar lordisis ini penting untuk mempertahankan kekuatan punggung. Masalah terjadi ketika orang melengkungkan bagian bawah punggung ketika duduk atau menekuk badan ke depan. Jadi duduk dalam waktu lama di kursi atau di depan komputer dapat menjadi ancaman serius bagi punggung.

Akibat

Postur yang buruk bererti bahwa ligmen dan jaringan otot halus antara tulang belakang meregang sangat kuat. Peregangan semacam itu yang berlangsung terus-menerus akan menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada tulang punggung.

Mengatasi

Jika setelah berkonsultasi dengan dokter anda menemukan bahwa anda termasuk satu dari 80% pria yang mengalami sakit punggung akibat masalah mekanis, berikut adalah beberapa latihan gerakan yang bisa dilakukan.

Jika anda tidak memiliki masalah dengan punggung, Anda mungkin bisa mempertimbangkan informasi di bawah ini untuk mempertahankan punggung sehat anda.

  • Penyakit punggung adalah penyakit musculoskeletal yang paling sering dijumpai
  • Penyakit punggung dengan turut menghitung biaya ketidakmampuan dan perawatan medis merupakan salah satu penyakit berbiaya tinggi di dunia barat
  • Masalah punggung dan kaki kronis jarang terjadi di negara berkembang/dunia ketiga
  • Jika kita tetap mempertahankan postur tubuh yang buruk, pada akhirnya kita akan membungkuk saat usia bertambah
  • Saat mengangkat sesuatu ingat bahwa punggung anda bukanlah sebuah derek dan sebaiknya tidak ditekuk.

Selalu dorong lordosis. Belilah atau buatlah sebuah back roll. Handuk sekalipun bisa digunakan. Caranya gulung handuk hingga bisa mengganjal bagian belakang yang paling sempit saat duduk atau mengemudi.

Jika anda harus duduk untuk waktu yang lama ambil beberapa kesempatan untuk mengistirahatkan tubuh. Berdirilah dan lipat badan ke belakang. Berdiri dalam waktu lama dapat mengakibatkan lordosis yaang ektrem, ingat baik-baik untuk berdiri tegak.

Tips

  • Saat menonton televisi, letakkan wajah di lantai dengan bertopang pada siku.
  • Berbaring telentang, sandarkan kepala di lantai dan letakkan tangan di samping lutut. Pelan-pelan angkat kedua lutut ke arah dada.
  • Berdiri tegak dan buka kedua kaki letakkan tangan di bagian belakang yang paling sempit dengan jari menghadap ke bawah. Sekarang bersandarlah sembari menjaga lutut tetap lurus. Tahan selama 3 detik dan kembalilah berdiri tegak.


No comments:

Post a comment